expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Monday 1 April 2013

Objek Wisata Di Jambi

Sekilas tentang Jambi
Ibu Kota provinsi Jambi adalah Kota Jambi. Suku asli yang mendiami provinsi Jambi adalah suku Melayu yang tersebar di 11 kabupaten / kota. Batas - batas wilayahnya adalah provinsi Riau Di sebelah Utara, sebelah Timur dengan Selat Berhala, sedangkan batas sebelah sebelah Selatan adalah Provinsi Sumatera Selatan serta batas sebelah Barat adalah Provinsi Bengkulu dan Provinsi Sumatera Barat.


danau kerinci
Danau Kerinci tempat wisata di Jambi
Tempat Wisata Di Jambi

Situs Candi Muara Jambi


terletak di Kecamatan Muara Sebo Kabupaten Muaro Jambi. Merupakan kawasan arkeologi terluas di Indonesia dan Asia Tenggara yang terbentang dihamparan lahan seluas 2002,5 hektar. Selain itu, dari sisi keragaman artifacts, Candi Muara Jambi memiliki kelebihan dibandingkan candi-candi yang lain. Terdapat 8 (delapan) buah candi dalam berbagai bentuk dan ukuran antara lain: candi gumpung, tinggi, kembar batu, gedong, kedaton, koto mahligai, astano, sialang, dan candi teluk serta puluhan candi lainnya yang belum dipugar. Di kawasan ini juga dijumpai kanal-kanal yang mengelilingi kawasan percandian serta sungai melayu yang terkoneksi ke sungai batanghari.

Gunung Kerinci

gunung kerinci jambi
Gunung kerinci
Gunung Kerinci merupakan bagian dari pegunungan Bukit Barisan merupakan gunung api tertinggi di Indonesia, disekitarnta merupakan hutan Taman Nasional Kerinci Seblat.
cuaca yang bersahabat dan pemandangan alam yang indah sangat cocok bagi anda yang hobi mendaki gunung.

Danau Kerinci
 


                                                 

Danau yang terletak di kaki bukin gunung kerinci ini sangat menawan, anda bisa ikut berperahu dengan petani dan nelayan. Di desa-desa sekitar danau, terdapat sejumlah batu berukir peninggalan masa megalit dari 2.000 tahun yang lalu. disekitarnya mulai dibangun cottage dan villa.


Danau Gunung Tujuh






Terletak di Desa Pelompek, Kecamatan Ayu Aro, Kabupaten Kerinci. Danau Gunung tujuh ini sangat unik sekaligus misterius karena Danau ini berada di puncak Gunung Tujuh dan menjadi salah satu danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara dengan luas sekira 960 hektar, panjang 4,5 km, serta lebar 3 km. Ketinggian danau tersebut sekira 1,950 meter di atas permukaan laut.
Danau yang merupakan salah satu danau paling indah di indonesia.

Sungai Batanghari



                                                 

Dengan panjang sekitar 1.700km. Sungai Batanghari Merupakan sungai terpanjang di Sumatera. Sungai ini berhulu dari Danau atas dan danau bawah Sumatara Barat melewati pinggiran kota Jambi dan bermuala di Selat Berhala, Laut Cina Selatan. Sungai ini merupakan spot menarik untuk anda pecinta arung jeram.
Para wisatawan dapat mengarungi sungai ini dengan menggunakan pompong sambil menikmati pemandangan di sepanjang sungai. Salah satu lokasi yang ramai adalah disekitar daerah Tanggo Rajo. Kawasan ini setiap sore sampai malam ramai dikunjungi masyaerakat Jambi dan pendatang. Menikmati berbagai macam dan makanan sambil menikmati keindahan sungai Batanghari merupakan salah satu daya tarik tempat ini.

Taman Nasional
Fungsi taman nasional di Jambi adalah Untuk melindungi flora dan fauna asli sumatera juga sebagai cagar alam dan wahana wisata, serta menjaga keseimbangan ekosistem disekitar taman Nasional. Setidaknya ada 4 Taman Nasional di Jambi yang bisa dijadikan tempat wisata, yaitu:

  • Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS)
  • Taman Nasional Berbak (TNB), 
  • Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT), 
  • Taman Nasioanal Bukit Duabelas (TNBD)
Museum Perjuangan Rakyat Jambi


 Terletak di jalan Sultan Agung dan jalan Slamet Riyadi. Bentuk bangunan museum ini merupakan perpaduan antara gaya rumah tradisional Jambi dan arsitektur modern. Koleksi museum ini seperti senjata api modern dan peralatan perang tradisional yaitu; keris, pedang, badik, tombak, pakain perang, ikat kepala, alat komunikasi dan perlengkapan perang bersifat religius yang digunakan rakyat Jambi untuk melawan kolonial. Disamping itu, terdapat replika pesawat terbang Catalina RI 005.

Kerajinan Tangan Khas Jambi

  • Batik Tulis Jambi
  • Ukiran Akar Khas Jambi

pakaian adat Jambi
Pakaian Adat Jambi
Wisata Budaya di Jambi
  • Upacara Mandi Shafar
  • Tari Mahligai
  • Suku Anak Dalam
Suku Anak dalam
Sering juga disebut Orang Rimba atau Suku Kubu yang merupakan salah satu suku asli di Provinsi Jambi. Suku anak dalam termasuk kategori proto melayu (Melayu Tua). Suku ini hidup berpindah-pindah di kawasan hutan secara berkelompok dan menyebar di beberapa kabupaten. Suku ini memiliki sistem kepemimpinan yang berjenjang dari yang tertinggi yaitu Temenggung, Depati, Mangku, Menti dan Jenang. Kepercayaan Suku Anak Dalam terhadap dewa-dewa roh halus yang menguasai hidup tetap terpatri, walaupun di antara mereka ada yang telah mengenal agama Islam. Mata pencaharian utama suku ini adalah berburu dan meramu di dalam hutan.

Beberapa obyek wisata di jambi menarik yang wajib anda kunjungi
  • Air Terjun Telun Berasap,
  • Bukit Kayangan, 
  • Obyek wisata air panas.
  • Gunung Tujuh
  • Kebun Binatang Taman Rimbo
  • Danau Belibis
  • Danau Kaco
  • Danau Lingkat
  • Air Terjun Pancuran Rayo
  • Air Panas Semurup
  • Air Panas Sungai Medang

No comments:

Post a Comment