expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Monday 11 February 2013

Kabel Jaringan Komputer Dan Fungsinya

 Kabel jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu perangkat jaringan ke lainnya atau untuk menghubungkan dua atau lebih komputer ke printer, scanner dll. Berbagai jenis kabel jaringan seperti kabel coaxial, kabel serat optik, kabel Twisted Pair yang digunakan tergantung pada topologi jaringan, protokol dan ukuran.
Beberapa Kabel Jaringan Komputer yang sering digunakan dalam jaringan:
*. Unshielded Twisted Pair (UTP) Cable.
Kabel twisted pair ada dalam dua varietas: shielded dan unshielded. Unshielded twisted pair (UTP) adalah yang paling populer dan umumnya pilihan terbaik untuk jaringan sekolah. Kualitas UTP dapat bervariasi dari kelas kawat standar sampai kabel yang berkecepatan tinggi. Kabel ini memiliki empat pasang kawat di dalamnya. EIA/TIA (Electronic Industry Association/Telecommunication Industry Association) telah menetapkan standar UTP.
Standar Ethernet Kabel Jaringan Komputer.
Sama dengan ,jaringan nirkabel ada juga standar untuk Ethernet kabel dan hardware Ethernet yang harus diikuti sebuah produsen kabel. Produk yang mendukung koneksi Ethernet diberi label dengan standar yang didukung:
  • 10BASE-T: Mendukung kecepatan Ethernet 10 Mbps. Formal standar IEEE adalah 802.3i.
  • 100BASE-TX: Mendukung kecepatan 100 Mbps Ethernet. Standar dari IEEE adalah 802.3u. Hampir semua produk jaringan yang mendukung standar ini juga mendukung 10BASE-T.
  • 1000BASE-T (Gigabit): Seperti yang mungkin dapat Anda asumsikan, jenis ini mendukung Ethernet kecepatan 1.000 Mbps, atau 1 Gbps (gigabit) – yang adalah sepuluh kali lebih cepat dari produk yang mendukung 100 Mbps. Standar dari IEEE adalah 802.3ab. Produk yang mendukung standar ini juga dapat mendukung dua standar sebelumnya.
Ethernet Kabel Jaringan Komputer kategori: CAT5, 5e, dan 6.
Selain standar Ethernet, ada kategori kabel Ethernet, satu set standar untuk menentukan spesifikasi dan persyaratan kabel yang digunakan untuk koneksi Ethernet. Kategori kabel bervariasi sesuai dukungan standar Ethernet tertentu. Kategori Kabel Ethernet yang umum digunakan saat ini di rumah dan usaha kecil adalah sebagai berikut:
  • CAT5: Sebuah desain kabel yang lebih tua yang mendukung kecepatan data (kecepatan) pada 10 atau 100 Mbps, dengan panjang kabel maksimum 328 kaki (100 meter).
  • Cat5e: Sebuah versi yang disempurnakan dari CAT5, yang mendukung tingkat data meningkat sampai 1.000 Mbps (setara dengan gigabit) sambil mempertahankan spesifikasi maksimum panjang yang sama.
  • Cat6: Ini adalah kategori yang paling mungkin Anda lihat saat ini di rak atau saat browsing toko online. Meskipun kategori kabel Ethernet ini paling banya dijual saat ini, namun sebenarnya tidak menawarkan peningkatan kecepatan data maupun panjang (295 kaki, atau 90 meter), dan tidak menawarkan peningkatan kinerja lainnya.
Kabel Jaringan Komputer Stright dan Kabel Crossover.
Pemasangan konektor RJ-45 pada ujung kabel UTP dikenal 2 macam untuk jaringan LAN kabel. Penggunaannya adalah sesuai dengan kebutuhan. Kabel Ethernet tipe straight dalam menghubungkan dua perangkat jaringan seperti berikut.:
  • Modem ke komputer
  • Modem ke router
  • Router ke komputer
  • Router ke Hub/Switch
  • Hub/switch ke komputer
kabel Ethernet crossover biasanya digunakan hanya ketika menghubungkan langsung dua komponen jaringan yang sama atau sejenis. Sebagai contoh:
  • Hub dengan hub
  • Komputer dengan komputer
  • Router dengan router
Namun dengan kemajuan teknologi otomatis seperti sekarang pertukaran penggunaanpun masih bisa dilakukan.
*  Kabel Jaringan Komputer Coaxial Cable

Kabel koaksial memiliki konduktor tembaga tunggal di pusatnya. Sebuah lapisan plastik menyediakan insulasi antara konduktor pusat dan perisai logam . Perisai logam membantu untuk memblokir setiap gangguan luar dari lampu neon, motor, dan komputer lainnya.
Meskipun kabel koaksial sulit untuk diinstal, tetapi kelebihannya adalah sangat tahan terhadap sinyal interferensi. Selain itu, dapat mendukung panjang kabel yang lebih besar antara perangkat jaringan daripada kabel twisted pair.

* Kabel Jaringan Komputer Fiber optic cable.

Kabel serat optik terdiri dari inti pusat dikelilingi oleh beberapa lapisan kaca bahan pelindung. Pelindung ini mentransmisikan cahaya sinyal elektronik dan menghilangkan masalah gangguan listrik. Hal ini membuat ideal untuk lingkungan tertentu yang mengandung sejumlah besar gangguan listrik. Fiber optic cable juga merupakan standar untuk menghubungkan jaringan antar gedung, karena kekebalan terhadap efek kelembaban dan pencahayaan.
Kabel serat optik memiliki kemampuan untuk mengirimkan sinyal melalui jarak jauh lebih lama daripada twisted pair dan coaxial. Fiber optic cable juga memiliki kemampuan untuk membawa informasi pada kecepatan jauh lebih besar. Kapasitas ini memperluas kemungkinan komunikasi mencakup layanan seperti konferensi video dan layanan interaktif.

No comments:

Post a Comment