expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Thursday 11 July 2013

Tips Perawatan Mesin Motor 4 TAK

 
1. Memeriksa Busi Sepeda Motor Secara Berkala.
Busi sangat vital bagi kelancaran mesin motor. ceklah businya, jika sudah mencapai 12.000 km sebaiknya busi diganti.
2. Memeriksa Filter Karburator
Filter Karburator ada dua jenis, yaitu jenis basah dan kering . Umumnya motor keluaran tahun 1990-2000-an menggunakan model filter basah. perawatannya di bersihkan dengan menggunakan bensin lalu dilumasi oli setelahnya. sedang motor keluaran 2000 ke atas, biasanya menggunakan filter kering. Cara perawatannya cukup mudah. yaitu tinggal di semprot dengan kompresor. tetapi model ini juga memiliki kelemahan, yaitu wajib di ganti setiap mencapai 25.000 km dan tidak boleh terkena oli atau minyak. motor 90-an tidak mengggunakan filter oli, tetapi untuk jenis motor tahun 2000 ke atas, menggunakan filter oli dan wajib di ganti setiap kurang lebih 10.000 km.
 3. Memeriksa Rantai dan Gir
Jangan membiarkan rantai terlalu kendor dan terlalu kencang. bila rantainya kendor cukup disetel. tetapi jika kering, cukup diolesi dengan oli khusus rantai (chain lube). biasanya, rantai harus diganti kalau sudah mencapai 25.000 hingga 35.000 km. Jangan lupa memeriksa kondisi gir. jika sudah tajam, lekas di ganti, karena kalau tidak rantai dapat putus secara tiba-tiba , khusus motor Matic yang menggunakan V/Belt, Rantainya tidak dapat di setel dan wajib di ganti setiap 25.000 km.
4. Membersihkan Karburator
Bersihkan bagian pilotdan main jet motor, untuk menyetel angin motor tipe manual (buatan 1990-2000-an), tutup baut setelan angin dan buka perlahan berlawanan arah jarum jam, maksimal 1/2 putaran. untuk tipe vakum motor keluaran 2000 ke atas juga sama, yaitu dengan membersihkan pilot dan main jet. bedanya hanya di setelan angin, untuk tipe ini maksimal putarannya 2 1/2 berlawanan arah jarum jam. Untuk penyetelan klep motor 4 tak adalah 12.000 hingga 18.000 km.
 5. Memeriksa kondisi Aki
Motor buatan tahun 2000 ke atas, umumnya menggunakan jenis aki kering, aki ini maksimaltiga tahun dan wajib diganti. Motor yang menggunakan aki basah perlu di cek setiap 10.000 km, bila air akinya kering segera diisi. ciri-ciri aki basah yang kondisinya sudah lemah adalah motor tidak mampu distarter.
 6. Memanaskan mesin motor
Panaskan mesin motor sebelum dijalankan, kurang lebih 1-2 menit saja. fungsinya agar sirkulasi oli dapat melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak.
7. Gunakan sparepart (suku cadang) Asli
Mekipun suku cadang asli lebih mahal, namun anda akan merasa puas karena lebih tahan lama dan kualitasnya pun terjamin.

Demikinan tips dari saya semoga bermanfaat untuk anda.
 

No comments:

Post a Comment